Skip links

Perkembangan Instagram di Tahun 2018

Instagram belakangan ini baru saja mengubah algoritmanya. Untuk kalian yang belum mengetahui tentang algoritma apa yang digunakan Instagram, mari kita simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling populer dan sedang digemari masyarakat saat ini. Bahkan di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 45 juta pengguna aktif Instagram setiap bulannya. Sri Widowati (Facebook Indonesia’s Country Director) berkata bahwa Indonesia memiliki komunitas pengguna Instagram terbesar se-Asia Pasifik. Seperti sudah menjadi hal yang populer bagi masyarakat Indonesia untuk berbagi momen-momen penting dalam kehidupan mereka.

Namun perubahan algoritma Instagram sangat berdampak bagi penggunanya, termasuk para pelaku digital marketing. Instagram tidak lagi menampilkan konten-konten secara kronologis, melainkan menampilkan konten berdasarkan tingkat engagement konten tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi engagement antara lain adalah jumlah likes, komentar, jumlah penonton sebuah video, share, dan pengiriman direct message.

Urutan foto dan video yang ditampilkan pada feeds timeline seorang pengguna akan ditampilkan berdasarkan sejarah ketertarikan pengguna terhadap sebuah konten tertentu, hubungan antar pengguna, dan ketetapan waktu saat konten tersebut dipublikasikan.

Instagram memberlakukan algoritma tersebut dengan bertujuan untuk mendorong pengguna untuk menghasilkan konten-konten yang lebih kreatif untuk lebih menarik perhatian pengguna lainnya (followers engagement). Bukan hanya dari segi foto atau video, namun juga dari segi tulisan (caption) dan hashtags.

Penggunaan hashtag dalam konten Instagram masih menjadi salah satu hal yang efektif digunakan untuk memancing likes dan followers engagement. Namun tetap ada yang harus diperhatikan dalam penggunaan hashtag. Algoritma Instagram memberlakukan penggunaan hashtag yang relevan terhadap post dan Instagram hanya membolehkan untuk menggunakan maksimal sebanyak 30 hashtags.

Selain itu, Instagram juga sudah mempunyain fitur baru yang disebut Instastories yang digunakan untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan penggunanya dalam bentuk video yang akan hilang dalam 24 jam. Namun, baru-baru ini Instagram juga sudah mengupdate fitur tersebut dan membuat Stories Highlights yang dapat menyimpan Instastories yang telah dipilih oleh pengguna itu sendiri agar tetap ada di akun mereka.

Instagram memperluas fitur Instastories dengan membuat fitur Live Instagram. Seorang pengguna dapat berinteraksi lebih jika ingin memperkenalkan brand mereka atau hanya berbagi kepada pengguna Instagram lainnya dalam bentuk live video yang tidak memiliki durasi maksimal. Fitur ini dapat membantu beberapa perusahaan untuk menarik target audiens jika ingin memberitahu informasi yang lebih panjang durasinya dan dapat menjaga followers agar tetap update dengan perkembangan brand.

Instagram juga menyediakan Ads untuk lebih menarik audiens. Ads menawarkan kesempatan yang fleksibel untuk mencapai tujuan brand. Tidak hanya dapat digunakan untuk memasarkan produk atau layanan, mereka juga dapat digunakan untuk ajakan bertindak seperti:

  • Install now
  • Book now
  • Download
  • Learn more
  • Play game
  • Sign up
  • Watch more
  • Apply now
  • Contact us

Sejak tahun 2016, keputusan instagram yang kontroversial dalam beralih dari feed kronologis menjadi feed yang menggunakan algoritma dengan memprioritaskan engagement, selalu menjadi topik yang hangat karena dianggap kontroversial. Banyak yang merasa dirugikan dan menginginkan Instagram untuk mengembalikan awal.

Algoritma Instagram inilah yang mendorong para Social Media Strategist untuk beradaptasi dalam lebih jeli membaca situasi dan memperhatikan kualitas dan relevansi sebuah konten agar dapat mencapai target yang ingin dicapai. Instagram Analytics dan beragam aplikasi pendukung dapat digunakan untuk mencoba strategi apa yang cocok dengan brand mereka tanpa harus menggunakan iklan.

Instagram adalah saluran yang sempurna bagi sebuah brand untuk menghadirkan konten visual yang disesuaikan untuk para followers dan disampaikan dengan cara yang terbaik untuk menarik perhatian dan minat mereka. Instagram juga menyediakan beberapa fitur entah itu dengan menggunakan hashtag brand atau komunitas, sebuah Instastories yang ditampilkan di profile, Live video, ataupun Ads, kita dapat memilih format yang paling relevan bagi audiens dan pesan yang ingin kita sampaikan.

Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan konten brand Anda di Instagram, silahkan berkonsultasi dan diskusikan strategi content marketing yang tepat dengan tim kami di marketing@didand.co.id atau kunjungi www.didand.co.id

Leave a comment